Teknologi

Mengenal Artificial Intelligence dan Perkembangan AI Terbaru

Dewasa ini, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Dimana tanpa disadari, teknologi tersebut sudah semakin sering digunakan dalam kehidupan sehari hari. Meski tidak memiliki pengaruh yang besar, namun kontribusi dan perkembangan kecerdasan buatan ini terus meningkat. Lantas, sebenarnya apa definisi dari teknologi satu ini? Yuk mengenal Arficial Intelligence dan perkembangan AI terbaru disini.

Mengenal Artificial Intelligence

Teknologi kecerdasan buatan, ada beberapa tokoh yang mengungkapkan teknologi ini. Salah satunya adalah Herbert Simon di tahun 1987, yang menyatakan bahwa Artificial Intelligence adalah tempat suatu penelitian, aplikasi dan instruksi yang berkaitan dengan pemrograman komputer dalam melakukan suatu hal yang menurut manusia adalah cerdas.

Mengenal-Artificial-Intelligence

Namun, pada dasarnya kecerdasan buatan sendiri adalah suatu konsep yang membuat komputer mampu belajar hal baru yang ditemui. Kemudian akan memberikan respon dan perlakukan, serta mengerjakan suatu perintah secara terstruktur sesuai dengan urutan. Dimana dengan konsep ini, suatu saat akan ada sebuah perangkat yang berperilaku layaknya manusia.

Perkembangan Artificial Intelligence Terbaru

Perkembangan kecerdasan buatan sendiri telah mengalami sejarah yang begitu panjang. Sejak dimulai tahun 1940an hingga sekarang, teknologi satu ini masih terus berkembang. Di tahun 1900an, teknologi kecerdasan buatan mulai diimplementasikan dalam ilmu komputer dan teknologi. Untuk saat ini, Artificial Intelligence memberikan output berupa demonstrasi di berbagai macam aplikasi.

pada perkembangan AI terbaru, hingga kini terdapat 3 jenis Artificial Intelligence yang dikenal di dunia. Ada Symbol-Manipulation AI, yang bekerja dengan simbol abstrak. Kemudian ada Nueral AI, yang merepresentasikan pengetahuan melalui neutron buatan dan koneksinya atau bisa disebut seperti rekonstruksi otak. Terakhir ada Neural Network, dimana AI ini bisa ‘memahami’ konstruksi dari suatu perlakuan yang diberikan kepadanya.

Diciptakannya Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan ini, nyatanya bisa memiliki peran yang penting di kehidupan manusia. Perkembangan kecerdasan buatan yang semakin disempurnakan, tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya rumah dan segala perangkat yang ada di dalamnya memiliki AI untuk membantu pekerjaan. Bahkan ada kemungkinan jika kecerdasan buatan ini akan menciptakan perangkat yang bisa berperilaku selayaknya manusia.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close